Selasa, 25 November 2014





            USAHA PENANGGULANGAN TANAMAN SUPAYA DAPAT BERBUAH - Kalau ternyata tanaman buah yang kita miliki tidak memenuhi syarat untuk menghasilkan buah, sebaiknya segera dilakukan usaha untuk mengatasi hal-hal yang menghambat. Kalau jenis yang ditanam tidak sesuai dengan kondisi lingkungan, iklim, curah hujan, dan persyaratan lain yang diperlukan, sebaiknya tanaman tersebut diganti dengan jenis lain yang lebih sesuai.
Jika yang kita tanam termasuk jenis tanaman yang tidak menyukai air, seperti manga, jambu biji, dan jambu mete, jalan yang harus kita lakukan adalah mengadakan pembuangan air agar lahan tidak terlalu basah atau tergenang. Perlakuannya dengan membuat saluran pembuangan air disekitar tanaman, ketika hujan lebat tidak ada air tergenang.
Apabila tanaman yang tumbuh selalu berdaun lebat dan rimbun, sebaiknya segera dipangkas dan dikurangi tajuknya. Pengurangan dilakukan dengan memotong ranting yang membalik kearah batang, juga ranting yang tumbuh bersilangan. Untuk mengurangi kerimbunan daun, juga bisa dilakukan dengan membuang kulit batang sekitar 1 cm disekeliling batang. Selain itu bisa juga dengan memangkas sebagian akar, ujung-ujung akar dipotong menggunakan singkup atau cangkul seperlunya. Pemotongan akar jangan terlalu banyak, agar tanaman tidak mati.
Batang bawah tanaman yang kurang bagus dari bibit kombinasi (okulasi, sambung), juga bisa jadi penyebab tanaman enggan berbuah. Kombinasi adalah perpaduan antara bibit generatif (asal biji) sebagai batang bawah, dengan bibit vegetatif (asal pucuk, mata tunas cabang atau ranting).
Meskipun pertumbuhan tanaman kombinasi sudah baik, tetap harus dibongkar atau diganti batang atasnya dengan bibit yang pengaruh kombinasinya lebih sesuai. Misalkan pohon manga sambungan, jelek produksinya, lebih baik dipotong batang atasnya . setelah tumbuh tunas baru segera disambung dengan varietas manga lain sehingga terjadi sambungan rangkap dua, pengaruh kombinasi ini menghasilkan tanaman bermutu tinggi. Sosok tanaman lebih pendek, dan cepat berbuah.
Tanaman yang terserang hama atau penyakit juga jarang menghasilkan buah, karena bunga atau bakal buah selalu rontok sebelum tumbuh dewasa. Hambatan itu dapat diatasi dengan berbagai cara, misalnya dengan penyemprotan atau penyuntikan pestisida.

0 komentar:

Posting Komentar