Selasa, 25 November 2014



Tanaman buah yang kita miliki, baik yang ditanam langsung di pekarangan maupun yang di dalam pot, selain memberikan rasa puas dan bangga karena hasilnya juga mempunyai fungsi lain, diantaranya :

a.      Sebagai tanaman pelindung
Sebagai tanaman pelindung, tanaman buah yang di tanam di lahan sekitar rumah kita juga memberikan kontribusi yang baik terhadap kesehatan tubuh kita, selain di konsumsi buahnya, tanaman buah tersebut dapat menyaring debu atau filter supaya udara di sekitar rumah kita menjadi segar.

b.     Sebagai tanaman hias
Tanaman buah yang kita tanam bisa menjadi penghias atau tanaman hias, supaya rumah kita menjadi indah dan nyaman untuk di tempati serta memberikan suasana yang asri.

c.      Sebagai penghasil buah segar
Tanaman/ tumbuhan yang kita tanam seperti tanaman buah, sebagai penghasil buah segar, disamping buah yang bisa di petik sendiri buah hasil tersebut sudah terjamin kualitasnya karena terjamin pemeliharaannya serta memberikan kepuasan tersendiri.

d.     Sebagai bahan untuk pengobatan
Fungsi tanaman buah selain buahnya dapat langsung dikonsumsi, tanaman buah tersebut dapat dijadikan bahan untuk pengobatan diantaranya obat-obat herbal, contohnya daun muda (pucuk) jambu biji, bisa kita jadikan obat herbal untuk mengobati penyaki diare.
  
e.      Sebagai tanaman untuk merehabilitasi tanah kritis dan mencegah erosi.
Seperti tanaman lain, tanaman buah juga dapat dijadikan tanaman untuk merehabilitasi tanah dan mencegah erosi karena kekuatan akarnya yang dapat menahan air sehingga tanah yang di tanami tanaman tersebut tidak terjadi pergeseran tanah (erosi).

f.       Dapat meningkatkan penghasilan
Tanaman penghasil buah selain buahnya dapat dikonsumsi diri sendiri, hasil panen tersebut bisa kita jual sebagai tambahan penghasilan sehingga dapat mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain.

1 komentar: