Jumat, 28 November 2014




TIPS PENGGUNAAN ZPT PADA TANAMAN - Salah satu upaya agar tanaman cepat berbuah adalah merangsang dengan menggunakan zat perangsangtumbuh (ZPT). Dimasyarakat luas zat itu memiliki sebutan beragam, antara lain Zat Pengatur tumbuh, pengatur tumbuhan tanaman, perangsang tanaman, pengatur zat tumbuh, stimulant, hormon tumbuh, agrohormon. Dari ragam sebutan itu, istilah yang sering dipakai adalah Zat Perangsang Tumbuh.
ZPT berfungsi sebagai pengatur, perannya dapat mempengaruhi aktifitas jaringan berbagai organ maupun system organ tanaman. ZPT tidak memberi tambahan unsur hara, karena bukan pupuk. Tugasnya dalam jaringan tanaman adalah mengatur proses fisiologis seperti pembelahan dan pemanjangan sel, juga mengatur pertumbuhan akar, batang, daun, bunga dan buah.
ZPT alami (Hormon), murni dibuat oleh tanaman itu sendiri , namun dengan kemajuan tekhnologi pertanian, bisa dibuat tiruannya. Dengan mempelajari rumus kimia yang terkandung pada ZPT alami (Hormon). Hasil tiruan tersebut lazim disebut ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Buatan. Kalau diaplikasikan pada tanaman, pengaruhnya sama persis seperti ZPT alami (hormon).
Aplikasi ZPT, selain berfungsi merangsang bunga keluar lebih cepat dan serempak, juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas buah. Pemberian ZPT mutlak harus di ikuti pemupukan dan pengairan intensif, itu diperlukan untuk mengimbangi laju pertumbuhan dan kebutuhan hara pada tanaman, kalau aplikasi ZPT tanpa diimbangi pemupukan dan pengairan yang sesuai justru dapat membuat tanaman sakit (kurang baik).
Aplikasi ZPT perlu mempertimbangkan kondisi tanaman bersangkutan, saat aplikasi paling tepat, ketika pertumbuhan tanaman telah mencapai maksimum dan sehat kondisinya. Aplikasi ZPT hanya boleh dalam dosis kecil, kalau diberikan dengan dosis tinggi justru kurang efektif, justru dapat menghambat khasiat hormon yang di inginkan.
Produk-produk merk dagang yang beredar di pasar yaitu :

1.   Altagro
Mengandung bahan aktif natrium orto nitrofenol, natrium para nitrofenol, natrium 2,4 di netrofenol, dan natrium 5 nitroguaiakol. ZPT tersebut berhasiat merangsang pertumbuhan akar tanaman, meningkatkan daya serap akar terhadap unsur hara, mempercepat pertumbuhan daun, keluarnya Bungan dan pembentukan buah. Juga meningkatkan jumlah dan bobot buah.

2.   Premix
Kebanyakan orang mengenal premix itu adalah bahan bakar, akan tetapi perusahaan Surya Cipta Perkasa mengeluarkan nama premix tersebut untuk ZPT yang didalamnya mengandung bahan aktif Naphtalena Acetat, Giberelat Acid, Chlorophyll Stimulant. ZPT ini merupakan plant additive yang tergolong dalam derivate Auksin dan Giberelin yang berperan aktif dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, juga mengandung chlorropyll stimulant yang berfungsi untuk meningkatkan zat hijau daun, sehingga berhasiat mepercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan kualitas dan jumlah panen serta memulihkan kondisi tanaman akibat serangan hama dan penyakit.

3.   Dekamon
ZPT ini berhasiat merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru, mencegah kerontokan bunga dan buah memiliki bahan aktif 2.4 di notrofenol, natrium 5 nitroguaiakol, natrium orto nitrofenol, natrium para nitrofenol. Dan masih banyak ZPT yang lainnya.

            Ketika merangsang pembungaan dan pembuahan memakai ZPT, kondisi tanaman harus dipersiapkan agar tumbuh prima lebih dulu. Saat diaplikasi, umur tanaman sudah cukup dewasa (telah memasuki usia produktif), sehat, dan memiliki cadangan karbohidrat  tinggi. Kondisi prima tersebut sebenarnya tidak berdiri sendiri , banyak factor pendukung yang menunjang untuk mencapai kondisi tersebut. Antara lain ditunjang oleh keadaan lingkungan disekitar tanaman sperti udara, angin, air, sinar matahari, suhu, kelembapan, dan zat hara.
            Setelah kondisi prima terpenuhi, proses mempercepat tanaman berbuah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain dirangsang dengan aplikasi ZPT, juga bisa dilakukan melalui rekayasa pemangkasan, pengaturan pengairan, dan pemupukan. Aplikasi ZPT sebaiknya dikerjakan sebagai upaya terkhir. Perlakuan aplikasi ZPT harus diimbangi dengan pemupukan dan pengairan yang intensif supaya aplikasi pemberian ZPT berjalan lancar pada tanaman tersebut.

35 komentar:

  1. Sangat membantu.petani yang memerlukan info

    BalasHapus
  2. Mas Apakah zpt bisa berdampak negatif bagi tanaman Terima kasih Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, bisa aja ada dampak negatifnya kalau dosis yg diberikan berlebih. tanaman bisa mati.

      Hapus
  3. saya telah mencoba pada durian saya yang telah berumur 13 tahun namun tidak berhasil berbunga mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, tergantung zpt jenis apa yang digunakan. jika ingin agar cepat berbunga zpt yang digunakan harus mengandung hormon giberelin dan pengaplikasiannya langsung ke tanaman dengan cara disemprotkan ke daun atau dalam pertumbuhan kalus dan tunas(bagian tumbuhan yg belum berkambium yg masih mengalami pertumbuhan meristem).

      Hapus
    2. Saya jualan dan pernah aplikasi .perangsangnya namanya gobes.
      085257412659

      Hapus
  4. Ke 3 ZPT di atas mana yg paling baik untuk aplikasi ke benih kecambah kacang ijo untuk peroses pembuatan kecambah toge...mohon info nya.

    BalasHapus
  5. Ada gatiga kang untuk sayur sangat cocok

    BalasHapus
  6. Kalu tanaman seperti bidara yg ditanam dari biji, usia berapa dikasih zpt nya

    BalasHapus
  7. Untuk pertumnuhan buah naga cocok gak ingin tau keterangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naga saya ada resep biar merah ga flek dan pencegahan rontok

      Hapus
  8. Klo zpt baygest itu dosis dan fungsinya untuk apa ya? Tks

    BalasHapus
  9. Selamat malam mas, saya menggunakan zpt gibgro sekarang daun padi saya jadi menguning semuanya mohon solusinya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takarannya terlalu jenuh itu pak.hormonnya larutkan dg 1lr air trus 50ml air campuran digunakan unt 1 tangki semprot

      Hapus
    2. Salah pake konsentrasi bang....dan cek dlu itu kuning apa ada banyak jenis kuning di padi

      Hapus
  10. Adminnya SONTOLOYO - gak mau JAWAB - PAYAH....!

    BalasHapus
  11. Ini lagi..Dasar Tukang JUDI. Whoiiii... HARAM...! uang yg didapat dari JUDI, TIDAK HALAL..! TIDAK MEMBAWA BERKAH bila sampai uang hasil judi dipakai buat makan ...Ibadah orang itu DI TOLAK...ALLOH. NAUDZUBILLAH

    BalasHapus
  12. kak boleh kirim ke email saya ttg penjelasan altagro ini...maaf sebelumnya...yunasulaiman96@gmail.com

    BalasHapus
  13. Minta sarannya zpt merek cabrio gold untuk jagung

    BalasHapus
  14. thanks ya mas tips nya bermanfaat sekali bagi saya, jangan lupa lihat juga gambar idul adha 2019

    BalasHapus
  15. Kalau pengalaman saya ketika akan aplikasih zpt harus perhatikqn tanamannya. Tanaman kuta harus dalam keadaan sehat falam artian makanan dia terpenuhi bqik npk nya atau komposnya ka4na zpt itu pengantur tumbuh dan memacu pertumbuhan

    BalasHapus
  16. klo untuk pembesar umbi bawang merah bagus pakai zpt apa min trus penggunaannya umur brp bawangnya

    BalasHapus
  17. Zpt buat pertumbuhan akar batang dan daun yang cocok apa ya

    BalasHapus
  18. selamat tahun baru 2020 untuk semua blogger indonesia. kunjungi juga gan --> animasi tahun baru 2020

    BalasHapus
  19. artikel yang sangat bagus gan, izin berkunjung :)
    jangan lupa kunjungi juga => fourtwnty zona nyaman

    BalasHapus
  20. Berati klo lg berpenyakit tanaman kita,tdk boleh diaplikasikan ZPT?

    BalasHapus
  21. Untuk tanaman Porang bisa gak mas

    BalasHapus