Selasa, 25 November 2014

Tanah Merupakan Kunci Bagi Kehidupan

Pengertian Tanah - Tanah dalam bahasa Yunani: pedon, bahasa Latin: solum adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah merupakan hal terpenting dalam usaha pertanian karena tanah merupakan media tanam bagi tumbuhan, baik jenis hortikultura, pangan ataupun hutan. tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme.

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam utama yang ada di planet bumi serta merupakan kunci kerberhasilan makhluk hidup. Tanah adalah lapisan tipis kulit bumi dan terletak paling luar. Tanah merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik. Tanah mengandung partikel batuan atau mineral, bahan organik ( senyawa organik dan organisme ) air dan udara. Mineral merupakan unsur utama tanah. komposisi tanah berbeda-beda berdasarkan lokasi, perbedaan tanah terjadi beberapa faktor, diantaranya :

  • Jenis batuan yang ada pada tanah.

  • Sinar Matahari yang masuk ke dalam tanah.

  •  Intensitas hujan.

  • Organisme di dalam tanah 

  • Tumbuhan yang hidup di sekitar tanah 

    Struktur tanah merupakan karakteristik fisik tanah yang terbentuk dari komposisi antara agregat (butir) tanah dan ruang antaragregat. Tanah tersusun dari tiga fasa: fasa padatan, fasa cair, dan fasa gas. Fasa cair dan gas mengisi ruang antaragregat. Struktur tanah tergantung dari imbangan ketiga faktor penyusun ini. Ruang antaragregat disebut sebagai porus (jamak pori). Struktur tanah baik bagi perakaran apabila pori berukuran besar (makropori) terisi udara dan pori berukuran kecil (mikropori) terisi air. Tanah yang gembur (sarang) memiliki agregat yang cukup besar dengan makropori dan mikropori yang seimbang. Tanah menjadi semakin liat apabila berlebihan lempung sehingga kekurangan makropori. 

    menurut pandangan dan pengertian seorang ahli tanah mengatakan :

    1. Tanah adalah bentukan alam, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia yang                   mempunyai sifat tersendiri sehingga mencerminkan pengaruh berbagai faktor  yang membentuknya di alam

    2. Tanah adalah sarana produksi tanaman yang mampu menumbuhkan semua jenis tanaman

     

0 komentar:

Posting Komentar