Selasa, 25 November 2014


        
        Sering kali kita bingung kalau tanaman yang kita tanam gagal berbuah, pasti ada penyebab diluar syarat-syarat tersebut. Berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan tanaman gagal berbuah, diantaranya :


1.     Tanaman belum mencapai batas umur untuk berbuah. Batas umur tanaman itu tergantung pada jenis tanaman dan bibit yang digunakan, kalau bibit menggunakan biji (bibit generatif), batas umur berbuahnya cenderung lebih lama dibandingkan dengan bibit yang berasal dari bibit vegetatif (cangkok, stek, okulasi). Lamanya itu, karena bibit dari biji harus memulai pertumbuhan dari awal. Biji yang tumbuh menjadi tanaman baru harus membentuk akar, batang, tajuk, daun, sehingga awal produksi bunga atau buahnya lambat.
2.     Pemupukan dengan kandungan pupuk N (Nitrogen) yang berlebihan bisa membuat tanaman tumbuh terlalu rimbun sehingga tajuk tanaman kurang mendapat cahaya matahari, pengaruhnya, proses fotosintesis kurang menghasilkan karbohidrat. Akibatnya penimbunan karbohidrat tidak maksimal sehingga bunga yang terbentuk hanya sedikit ataupun tidak sama sekali.
3.     Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya bisa berbuah kalau ada pohon berbunga jantan yang tumbuh didekatnya. Misalnya lengkeng, salak, wuni, dan rukem.
4.     Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya bisa berbuah kalau bunganya mendapatkan tepung sari bunga dari pohon sejenis, misalnya alpukat.
5.     Tanaman mejadi mandul karena terjadi mutasi gen.
6.     Saat berbunga, masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan waktunya. Sebelum terjadi persilangan salah satu bunga telah gugur lebih dulu, misalnya kelapa.
7.     Kalau tanaman bebunga lebat tetapi pada akhirnya buah yang di tunggu tak kunjung tiba, penyebabnya adalah gugur bunga. Keguguran bunga itu bisa disebabkan oleh:
a.      Kurangnya nitrogen dan berlebihnya kalsium dalam tanah
b.     Kurangnya air di dalam tanah
c.      Batang bawah bibit okulasi kurang baik
d.     Adanya serangan hama atau penyakit
e.     Hujan yang terlalu deras, angin yang terlalu kencang, dan kemarau yang terlalu panjang
f.      Penyemprotan pupuk daun yang tidak tepat waktu. Penyemprotan pada saat tanaman sedang berbunga, percuma dilakukan. Sebaiknya, penyemprotan pupuk daun dilakukan sebelum tananaman berbunga.

Semoga artikel ini membawa pencerahan bagi pembaca.. amiiiiiiiiiiiin

1 komentar: