Selasa, 25 November 2014


         TIPS DAN TRICK SUPAYA TANAMAN CEPAT BERBUAH - Sebelum kita mencari tahu penyebab tanaman mogok berbuah,  alangkah baiknya kita ketahui dulu syarat-syarat yang harus di penuhi agar tanaman dapat berbuah sesuai yang kita harapkan. Syarat-syarat itu diantaranya sebagai berikut :
  1. Sifat tanaman harus kita kenal betul. Apakah bibit yang kita tanam memang merupakan bibit tanaman unggul yang mampu berbunga, artinya bibit tanaman tersebut bukan merupakan bibit keturunan tanaman mandul.
  2. Makroklimat tanaman terpenuhi. Artinya lingkungan tempat tunbuh tanaman harus memenuhi syarat, baik iklim, tinggi tempat (berhubungan dengan suhu udara), kelembapan udara, curah hujan, maupun sinar matahari.
  3. Mikroklimat tanaman terpenuhi. Artinya, lingkungan tanah disekitar tanaman memenuhi persyaratan hidupnya. Faktor-faktor yang termasuk mikroklimat antara lain struktur tanah, keadaan air tanah, suhu tanah, kelembapan tanah, pH tanah, unsur hara dalam tanah, dan mikroorganisme tanah.
  4. Keadaan tanaman sehat dan sudah dewasa. Kondisinya bebas dari serangan hama atau penyakit, dan telah mencapai pertumbuhan optimal.
Kalau keempat persyaratan diatas terpenuhi, kita dapat memberi perlakuan tertentu untuk mempercepat tanaman supaya cepat berbuah, misalnya melakukan pemangkasan, pelukaan batang, pengairan, pemupukan, atau pemberian ZPT (Zat Perangsang Tumbuh).
PEMANGKASAN
pemangkasan pada batang

Pelukaan batang
Pelukaan batang

Penyiraman/pengairan
Penyiraman/pengairan

pemberian pupuk
pemberian pupuk

0 komentar:

Posting Komentar