Minggu, 07 Desember 2014




        Umumnya pupuk daun atau pemupukan lewat daun lebih cepat penyerapan haranya dibandingkan dengan lewat akar, karena itu cara ini cocok untuk mengaplikasikan pupuk-pupuk yang sulit diserap akar. Misalnya, pupuk P atau NPK. Pupuk yang mudah menguap seperti nitrogen juga sangat baik diaplikasikan lewat daun. Sebab, efek pemupukan langsung tampak dalam beberapa hari setelah pemupukan, disamping itu tanah juga tidak mengalami kerusakan.

Pemberian pupuk daun juga lebih menguntungkan, karena didalamnya terkandung unsur hara mikro. Jika hanya mengandalkan pupuk akar, tanaman sering kali kekurangan unsur mikro. Pasalnya kebanyakan pupuk akar hanya memiliki unsur makro tapi tidak mengandung unsur mikro. Selain itu pemberian pupuk daun juga dapat dilakukan bersamaan dengan penyemprotan pestisida sehingga dapat menghemat biaya. 

Dibalik kelebihannya, pupuk daun juga memiliki kelemahan. Diantaranya, harga pupuk relatif lebih mahal dibandingkan dengan pupuk akar, bila aplikasinya keliru baik dosis maupun waktu pemupukan, tanaman bisa mengalami kerusakan bahkan kematian. Pemupukan tidak hanya mengandalkan pupuk daun saja, Karena kadar hara yang dapat digunakan tanaman terbatas. Pemberian pupuk daun hanya sebagai pelengkap untuk mengatasi kebutuhan hara yang kurang atau tidak dapat disuplai oleh pupuk akar. Aplikasi pupuk daun juga harus dilakukan sesering mungkin dan diperlukan peralatan khusus untuk menyemprotkannya.

Pemupukan lewat daun dilakukan dengan cara melarutkan pupuk kedalam air dengan konsentrasi tertentu. Selain itu larutan pupuk disemprotkan ke permukaan daun dengan mengikuti dosis sesuai anjuran dilabel kemasan. Pasalnya, tanaman bisa mati keracunan atau terbakar jika dosis pemupukannya berlebihan. Sebaliknya, jika konsentrasinya kurang, pemupukan tidak menjadi efektif lantaran pengaruhnya tidak tampak pada tanaman.

Berikut penjelasan tentang pupuk daun, bila ingin mengetahui tentang mcam-macam pupuk silahkan klick link ini jenis-jenis pupuk

1 komentar:

  1. haii selamat pagi, ijin promo yahhh admin
    E D E N POKER lagi bonus nihhh
    sebesar 10Ribu lho dan juga kami berikan lagi bonus next depo 5% LHOO setiap melakukan deposit , ayukk buruan jangan sampai ketinggalan.......... WWW . EDENPOKER . ME

    BalasHapus