Selasa, 25 November 2014


          Sebelum membahas mendalam tentang pertumbuhan dan perkembangan tanaman, apakah anda tahu perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan tanaman???
pertumbuhan tanaman yaitu proses bertambahnya massa atau bobot seperti pada akar, batang dan daun. sementara perkembangan tanaman yaitu proses makin bertambahnya kematangan tanaman seperti yang terjadi pada bunga, buah dan biji.

Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat di bedakan menjadi dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Walaupun kedua fase itu berbeda tetapi keduanya berjalan bersama (overlapping), artinya tanaman yang sedang berada dalam fase vegetatif sebenarnya juga melakukan kegiatan generatif (reproduktif), meskipun sedikit. Demikian juga sebaliknya.
Suatu tanaman disebut sedang mengalami fase vegetatif atau reproduktif (generatif), tergantung dari dominasi salah satu fase. Kalau fase vegetatif lebih dominan dari fase reproduktif (generatif), berarti tanaman berada dalam fase vegetatif. Begitu juga sebaliknya.
Fase vegetatif merupakan fase pertumbuhan yang sebagian besar menggunakan karbohidrat yang dibentuk dari proses fotosintesis. Fase ini terutama terjadi pada perkembangan akar, batang, cabang, dan daun.
Fase generatif atau produktif merupakan fase pertumbuhan yang menimbun sebagian besar karbohidrat yang di bentuk dari proses fotosintesis. Karbohidrat tersebut digunakan untuk pembentukan bunga, buah, dan biji, atau pembesaran/pendewasaan struktur penyimpanan atapun cadangan makanan seperti umbi.

1 komentar: